Makanan Pantangan Kolesterol

kolesterol

Kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai penyakit kolesterol dan juga makanan pantangan kolesterol. Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya penyakit kolesterol, bukan? Ya, penyakit yang satu ini memang merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak diidap oleh masyarakat di dunia ini. Tidak hanya menyerang orang yang sudah tua saja, melainkan juga orang yang masih muda pun juga sudah banyak yang mengidap kolesterol di usia mudanya.

Perlu kita ketahui bahwa penyakit kolesterol selalu identik dengan penyakit asam urat. Ya, memang benar bahwa kedua penyakit tersebut memang ciri-cirinya hampir sama. Salah satunya adalah sama-sama diakibatkan oleh makanan yang dikonsumsi. Bagi sebagian orang menganggap bahwa penyakit ini tidak berbahaya. Namun, jika dibiarkan begitu saja, penyakit ini dapat membahayakan orang yang mengidapnya. Memang benar kata orang bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati.

Penyakit kolesterol bukanlah penyakit turunan atau penyakit yang tak bisa disembuhkan. Oleh karena itu, seperti yang sudah disebutkan bahwa lebih baik melakukan pencegahan terhadap penyakit ini. Banyak orang yang menganggap bahwa orang yang bertubuh kurus tidak akan pernah bisa mengidap kolesterol. Namun, penelitian membuktikan bahwa siapa saja bisa terkena kolesterol. Apalagi jika mereka yang suka makan makanan yang berlemak tinggi.

Baca Juga: Manfaat Green Coffee

Kolesterol pada intinya ialah penyakit dengan jumlah atau kadar lemak jakat di dalam tubuh cukup tinggi. Kini kita sudah mudah untuk bisa mengecek atau memeriksa kadar kolesterol di dalam tubuh kita. Alangkah lebih baik kita bisa memeriksakannya secara rutin. Hal itu tentunya membantu kita untuk mengontrol kadar kolesterol. Apalagi bagi yang menderita penyakit kolesterol tentunya hal pemeriksaan rutin sangatlah penting. Selain itu juga penting untuk mengetahui makanan pantangan kolesterol. Nah, seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa salah satu penyebab dari kolesterol ialah dari makanan yang dikonsumsi. Lalu, apa saja makanan-makanan yang harus dihindari?

  • Jeroan seperti usus, ginjal, paru, hati, dan juga limpa.
  • Daging seperti daging sapi, daging kambing, dan lainnya.
  • Seafood seperti kepiting, tiram, cumi-cumi, udang, ikan sarden, sotong, dan lainnya.
  • Sayuran seperti buncis, daun singkong, kol, daun pepaya, jamur kuping, dan lainnya.
  • Kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang tanah, melinjo, kedelai, dan lainnya.
  • Makanan yang digoreng, es krim, keju, dan lainnya.

Itulah beberapa makanan pantangan kolesterol yang perlu diperhatikan khususnya bagi yang menderita penyakit kolesterol. Dengan bisa mengurangi atau bahkan tidak mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, paling tidak sudah bisa mengurangi dari dampak yang buruk atas penyakit kolesterol. Apalagi bagi Anda yang tidak mengidap penyakit kolesterol tentunya akan sangat membantu untuk menghindari dari serangan kolesterol itu sendiri. Selanjutnya, penting bagi Anda untuk memperhatikan ciri-ciri dari kolesterol itu sendiri. Ciri-cirinya ialah merasakan ngilu di sekitar persendian, sering merasakan kesemutan. Jika sudah dalam keadaan yang parah dapat membuat menjadi bengkak dan juga merah. Sekali lagi jangan anggap biasa penyakit kolesterol. Mengapa? Ya, karena penyakit kolesterol yang sudah parah dapat membuat serangan jantung ataupun juga stroke. Tentunya kita tidak ingin terserang dua sakit yang parah tersebut, bukan? Selain menghindari makanan pantangan yang disebutkan di atas, penting bagi kita juga untuk melakukan olahraga yang teratur. Imbangi dengan mengkonsumsi air mineral yang banyak dan juga hidup yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *