Resiko Tidak Mengasah Kecerdasan Emosional Anak

Kecerdasan emosional anak adalah salah satu kecerdasan yang harus diasah sejak dini dengan bantuan orang tua agar anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik.

Namun hal tersebut tentu tidak mudah dilakukan karena berbagai hal seperti perbedaan kecepatan dan kemampuan anak dalam menangkap pembelajaran baru yang diberikan kepada tidak terkecuali masalah kecerdasan ini.

Jadi sebisa mungkin orang tua harus memahami anaknya dengan baik dan kemudian memberikan pembelajaran yang sesuai dengan daya tangkap anak tersebut.

Tapi terkadang orang tua tidak mengajarkan kecerdasan ini secara lengkap bahkan ada yang tidak mengajarkannya sama sekali sehingga kontrol terhadap emosi dari anak tidak dapat diatur dengan baik.

Resiko Tidak Mengasah Kecerdasan Emosional Anak

Hal ini tentu sangat berdampak buruk bagi anak tersebut karena sulitnya kontrol terhadap emosi yang sedang dialaminya sendiri sehingga kebanyakan tindakannya akan dilalui dengan mengandalkan emosi yang tengah muncul pada dirinya.

Hal ini tentu menjadi masalah tersendiri bagi orang tua dan sekaligus kesalahan orang tua karena tidak mengajarkan kecerdasan emosional anak hingga beranjak dewasa yang membuat anak tidak memiliki kemampuan mengontrol emosinya sendiri.

Emosi ini lama kelamaan pasti akan membuat anak dalam kondisi yang dapat merugikan dirinya sendiri bahkan orang lain yang ada disekitarnya jika tidak segera diatasi.

Dan Wyeth Parenting sudah merangkum beberapa resiko yang dapat muncul jika orang tua tidak mengajarkan kecerdasan dari emosi anak secara kurang bahkan tidak ada sama sekali.

 

  1. Tidak mampu mengontrol tindakan yang berdasar pada emosi

Seperti sedikit disinggung diatas bahwa jika anak tidak belajar mengontrol emosinya dengan baik pasti akan berdampak buruk dimana setiap tindakan yang dimulai dari emosi tersebut tidak bisa diatasi maupun diredam.

Hal ini pasti akan membawa dampak buruk pada saat saat tertentu karena tidak ada pemikiran matang saat mengambil maupun melakukan hal tersebut.

Karena itulah kecerdasan ini sangat penting untuk diajarkan sehingga anak tidak salah mengambil jalan untuk masa depannya.

  1. Anak akan menjadi sosok yang tertutup

Karena anak yang sulit mengontrol emosinya sendiri akan membuat dirinya lebih memilih tertutup dilingkungan sekitarnya dan lebih memilih menyendiri maupun memilih jauh dari rumah.

Hal ini tentunya akan sangat berdampak buruk karena anak akan memiliki proses sosialisasi buruk sekaligus salah mencari teman sehingga mejerumuskannya ke arah yang semakin salah.

  1. Tidak pernah memikirkan resiko dari tindakannya

Hal ini menjadi salah hal yang paling beresiko terjadi karena anak tersebut lebih memilih mengedapankan emosinya ketimbang pemikiran yang bersih dan dipikirkan matang matang.

Hal ini jelas akan membuat berbagai dampak buruk datang jika memang apa yang dilakukannya memiliki banyak dampak buruk bagi kehidupan seseorang.

Demikian beberapa resiko yang mungkin muncul dari orang tua yang tidak mengasah kecerdasan emosional anak dan lebih memilih membiarkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *